Tutorial Animasi Orbit Pada Blender

Hallo semua! kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tutorial untuk membuat animasi orbit (benda lain mengelilingi suatu benda sebagai porosnya. Untuk mengikuti tutorial ini dibutuhkan tolls berupa software blender. Softwarenya dapat kalian download disini

Let's Start! Pastikan software blender telah ter-install dengan benar di komputer anda. 



  • Jalankan Software Blender di komputer anda. Saya masih menggunakan Blender versi 2.66a.

  • Buatlah objek bola dengan cara klik Add pada Menu bar. kemudian pilih Mesh dan klik UV sphere.

  • Atur ukuran objek dengan menekan S pada keyboard, untuk menghaluskan permukaan Sphere klik smooth pada menu shading yang terdapat pada bagian sebelah kiri viewport, kemudian duplicate objek tersebut dengan tekan shift + D. Buat dua buah sphere dengan ukuran sama. Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

  • Tambahkan lintasan tempat objek objek bola yang lebih kecil nantinya akan mengorbit masing masing inti bola yang lebih besar (yang telah dibuat pada tahap 3) dengan cara klik Add lalu pilih Curve dan pilih Circle. Lakukan pada kedua objek, atur posisi dan ukuran circle hingga tampak seperti gambar dibawah ini.

  • Tambahkan bola bola kecil tiap inti (bola besar) dengan cara klik Add, pilih Mesh dan pilih UV sphere. Buat ukuran menjadi lebih kecil dari ukuran inti(bola besar dengan menekan S pada keyboard. Duplicate objek dengan cara menekan Shift + D dan buat objek sesuai yang diinginkan. Disini saya membuat 1 untuk bola sebelah kiri dan 7 untuk bola sebelah kanan. Atur posisi terhadap lintasan circle seperti gambar dibawah ini.

  • Selanjutnya adalah tahap membuat animasi orbit. Pilih salah satu objek bola kecil lalu klik button Object Constraint pada tool button, pilih Add Constraint lalu pilih Follow Path.

  • Setelah memilih constrain Follow Path, pada bagian pengaturan, ubah target menjadi Bezier Circle lalu pilih Animate Path kemudian tentukan posisi objek dengan cara mengubah nilai Offset menjadi 25.

  • Lakukan metode yang sama terhadap seluruh objek  bola kecil satu per satu. Setelah itu, klik button play untuk melihat apakah animasi sudah sesuai dan telah berhasil dijalankan.





Sekian tutorial animasi orbit dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa ;). Tunggu tutorial animasi saya selanjutnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon