Mengenal Istilah Bullying

Bullying merupakan suatu bentuk perlakuan seseorang atau kelompok terhadap orang lain dimana perlakuan itu meliputi penindasan, penyiksaan dan perlakuan perlakuan yang membuat orang lain tersebut menjadi tidak nyaman. Penindasan aalah hal yang sering dijumpai dalam kehidupan khususnya dikalangan pelajar, mahasiswa, bahkan di dunia kerja. 

     Bullying merupakan perilaku yang buruk dan tidak patut untuk ditiru. Dampak buruk yang ditimbulkan kepada korbannya sangat besar. Biasanya pelaku bullying melakukan hal ini disebabkan oleh kelakuan korban yang dianggap tidak disukai oleh dirinya, dendam, iri, dan dikarenakan kekurangan yang dimiliki oleh korban. Selain itu sekarang ini dengan melakukan bullying maka sang pelaku akan dianggap sebagai orang yang hebat dan berkuasa di tempat itu, sungguh miris.

     Dampak yang dialami korbannya juga bermacam-macam. Korban akan merasa tertekan, trauma, susah untuk bersosialisasi, hingga ada yang nekat melakukan bunuh diri yang bertujuan untuk membuat pelaku yang telah mem-bully-nya menyesal. Namun tak jarang ada pelaku yang tidak menyesal, mereka justru senang dengan tindakan yang dilakukan oleh korban tersebut.

      Berikut ini merupakan beberapa jenis bullying atau penindasan yang biasa terjadi dalam lingkungan masyarakat antara lain: 

  1. Bullying Fisik, bullying dalam bentuk ini merupakan bentuk penindasan yang paling parah. Hal ini dikarenakan dalam bentuk ini pelaku bullying telah berani menggunakan kekerasan fisik terhadap korbannya.
  2. Bullying Verbal, penindasan dalam bentuk ini merupakan bentuk penindasan yang menggunakan media kata-kata sarkasme untuk menyakiti korban bullying itu sendiri.
  3. Cyberbullying, bentuk penindasan ini merupakan bentuk penindasan yang menggunakan media sosial di dunia maya untuk melakukan penindasan terhadap sang korban, walaupun terkesan biasa, namun sebenarnya bullying dengan jenis inilah yang memakan paling banyak korban, banyak korban yang depresi karena hal ini dan akhirnya melakukan tindakan bubuh diri.
     Bullying sebisa mungkin harus dihindari bahkan dihilangkan dari muka bumi ini. Tindakan ini sangat tidak bermanfaat.  Semua manusia di dunia ini mempunyai hak untuk hidup tenang dan melakukan apa yang mereka inginkan selama itu tidak melanggar norma yang ada. Korban bullying juga seharusnya dapat melawan dan menghiraukan cacian dan makian dari lingkungan sekitarnya. Jangan biarkan nyawa hilang dengan sia-sia hanya untuk membuat orang lain jera. Kita juga harus lebih waspada dan mengantisipasi apabila ada penindasan yang terjadi di sekitar kita karena kalau bukan kita yang memulainya, siapa lagi?.

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon