Pengertian Tanggung Jawab dan Tanggung Jawab Sebagai Mahasiswa

Pengertian Tanggung Jawab

       Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tanggung jawab dapat diartikan sebagai keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Menurut sudut pandang hukum dapat diartikan sebagai fungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain.

          Untuk lebih jelasnya, tanggung jawab merupakan suatu tindakan yang memerlukan kesadaran dari pribadi diri kita untuk menanggung segala hal yang telah kita perbuat sebelumnya. Dengan siap menerima berbagai konsekuensi yang ditimbulkan oleh perbuatan kita maka dapat dikatakan bahwa kita merupakan pribadi yang bertanggung jawab. Dalam konteks lain tanggung jawab juga dapat dikaitkan dengan kewajiban dan tugas yang telah diamanahkan terhadap diri kita. Apabila kita telah diberikan amanah untuk melakukan suatu tugas, maka melakukan dan menyelesaikan tugas itu dengan baik merupakan bentuk pertanggungjawabannya. 

          Dengan menjadi pribadi yang bertanggung jawab selain mendapatkan kepuasan batin, kita juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain yang tentunya akan sangat membantu kita dalam menjalin hubungan dengan orang maupun kelompok lain, dengan mengingat bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan pernah terlepas dari hubungan dengan manusia lainnya. 


Tanggung Jawab Sebagai Mahasiswa

         Menurut pendapat saya, tanggung jawab saya sebagai seorang mahasiswa banyak macamnya. Saya akan menguraikan beberapa hal diantaranya. Dimulai dari tanggung jawab yang paling utama yaitu terhadap Tuhan Yang Maha Esa hal ini dapat diwujudkan dengan menjadi pribadi mahasiswa yang beriman dan berakhlak baik. Yang kedua yaitu tanggung jawab terhadap orang tua atau wali yang telah membiayai dan memfasilitasi kita. Dengan mengingat bahwa banyak hal yang telah dikorbankan oleh mereka menjadikan kita agar dapat menjalankan tugas kita sebagai mahasiswa dengan benar dan tidak menyalahgunakannya. 

         Yang ketiga yaitu tanggung jawab terhadap kampus tempat kita menimba ilmu dan berkaitan dengan kewajiban kita sebagai mahasiswa. Hal ini dapat diwujudkan dengan menjaga dan mengharumkan nama baik kampus serta menaati aturan yang berlaku. Terlebih lagi sebagai mahasiswa aturan yang mengikat lebih bebas dibandingkan dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini tentunya membuat mahasiswa agar lebih bertanggung jawab atas tindakannya. Salah satu contoh paling kongkrit yaitu dalam kegiatan kuliah kita akan dilatih dalam mempertanggungjawabkan argumen dan pendapat kita pada saat sidang.  

        Dan yang terakhir adalah tanggung jawab terhadap apa yang telah kita peroleh. Salah satu contoh hal yang kita peroleh sebagai mahasiswa adalah nilai atau biasa disebut indeks prestasi kumulatif. Sebagai mahasiswa kita harus dapat mempertanggungjawabkan nilai tersebut dengan cara mengimbangi kemampuan dengan nilainya, dan yang paling penting adalah berlaku jujur pada saat proses memperoleh nilai tersebut.


Daftar Pustaka :

  1. Mutaqqien, Naufal. 2013. Mengenal Arti Kata "Tanggung Jawab". http://www.kompasiana.com/nopalmtq/mengenal-arti-kata-tanggung-jawab_5529e68b6ea8342572552d24. Diakses pada tanggal 23 Desember 2015.
  2. KBBI. http://kbbi.web.id/tanggung%20jawab. Diakses pada tanggal 23 Desember 2015.



0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon