Analisa Studentsite Universitas Gunadarma

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pemahaman dan pemikiran mengenai analisa suatu website yang sangat akrab dengan kita khususnya sebagai mahasiswa universitas gunadarma yaitu mengenai analisa website studenntsite Universitas Gunadarma.

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan komunikasi membuat hampir semua aspek kehidupan telah menerapkan teknologi. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Semakin majunya teknologi membuat lembaga-lembaga pendidikan telah menerapkan teknologi dalam sistemnya. Saat ini sistem-sistem yang masih manual telah tergantikan dengan sistem yang terkomputerisasi.

Universitas Gunadarma sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang telah menerapkan teknologi dalam berbagai aktivitas perkuliahannya. Universitas Gunadarma memiliki banyak layana-layanan yang berbasis komputer dengan tujuan untuk mempermudah civitas Universitas Gunadarma dalam menjalankan tugasnya.

Salah satunya Gunadarma mempunyai sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengakses informasi dan melaksanakan tugas perkuliahannya yaitu situs studentsite (situs mahasiswa). Studentsite saat ini telah memegang peranan penting dalam proses perkuliahan mahasiswa. Oleh karena itu studentsite haruslah memiliki kualitas yang baik. Untuk mencapai kualitas tersebut diperlukan proses testing atau pengujian terhadap sistem studentsite guna menghindarkan pengguna dari kesalahan serta membantu dalam proses pengembangan sistem agar sistem studentsite dapat dikembangkan dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

B. Profil Studentsite

Universitas Gunadarma memiliki banyak layanan-layanan berbentuk web yang diberikan kepada mahasiswanya. Jenis layanan tersebut antara lain BAAK Online, Virtual Class, Library, Warta Warga, Studentsite dan lain lain. Salah satunya yang paling banyak digunakan dan dimiliki oleh semua mahasiswa adalah Studentsite.

Studentsite adalah salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang di-launching pada tanggal 23 November 2006. Studentsite adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.

            Studentsite merupakan salah satu komponen informasi yang cukup penting bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Di dalam studentsite para mahasiswa dapat mengetahui informasi yang berhubungan dengan mereka, oleh karena itu kemudahan untuk mengakses Studentsite sangatlah diperlukan. Fasilitas yang terdapat pada aplikasi ini yaitu fasilitas untuk melihat jadwal kuliah, jadwal ujian, rangkuman nilai mahasiswa, berita Studentsite, berita BAAK, berita Gunadarma dan banyak link yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma. Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas ini dengan mendaftarkan dengan cara aktivasi account Studentsite Studentsite merupakan salah satu jenis layanan yang diberikan Universitas Gunadarma kepada para mahasiswa demi kelancaran proses pelaksanaan perkuliahan.
Hingga saat ini studentsite sudah mencapai versi 3. Menu utama pada studentsite yang dapat diakses oleh mahasiswa pada versi 3 ini antara lain :
1.  Home
    Pada halaman home digunakan untuk menampilkan tampilan awal website.
2.  Berita
   Digunakan untuk menampilkan semua berita yang berkaitan dengan Universitas     Gunadarma
3.  Aktivasi
   Halaman Aktivasi berisi form form yang digunakan bagi pengguna baru untuk melakukan aktivasi pada website studentsite.
4.  Login
    Merupakan halaman untuk melakukan log in ke dalam sistem studentsite.
5.  Kontak
   Merupakan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi kontak pada lembaga yang bertanggung jawab pada pengelolaan studentsite.  

C. Analisa Masalah
                Pada tahap pengembangan website studentsite tentunya dibutuhkan proses testing terlebih lagi pada saat perilisan sistem studentsite terbaru. Belum lama ini sistem studentsite mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi website hingga jumlah mahasiswa gunadarma yang semakin tahun semakin meningkat. Pengguna dari sistem studentsite berasal dari mahasiswa Universitas Gunadarma dimana setiap mahasiswa diwajibkan untuk memiliki akun studentsite. Belum lama ini studentsite telah merilis versi terbarunya yaitu versi 3. Oleh karena itu proses testing sangatlah dibutuhkan. Masalah-masalah yang sering timbul yaitu masalah bug pada interface, aktivasi, login, hingga ke masalah server studentsite yang sering bermasalah dalam pengaksesannya. Terlebih lagi studentsite telah menjadi elemen yang sangat penting dalam menunjang keperluan perkuliahan mahasiswa, testing sangat diperlukan dalam pengembangan sistem untuk mengetahui apakah sistem tersebut siap digunakan dan sesuai dengan yang diharapkan.
           
Studentsite merupakan suatu sistem berbasis website yang digunakan sebagai wadah mahasiswa untuk melaksanakan proses perkuliahan, mengakses informasi akademik maupun yang berhubungan dengan organisasi dan event dalam Universitas Gunadarma hingga menjadi sarana komunikasi antar civitas Universitas Gunadarma. Studentsite dapat diakses dengan alamat URL http://studentsite.gunadarma.ac.id/. Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan studentsite.

Kelebihan Studentsite :
  • Dapat dibuka oleh siapapun yang terdaftar sebagai anggota mahasiswa gunadarma
  • Lebih mudah dalam pengaksesan informasi khususnya mengenai akademik seperti DNS dan berita.
  • Dapat menjadi wadah kegiatan perkuliahan (portofolio) mahasiswa sebagai contoh dapat mengunggah tugas dan penulisan.
  • Dapat menjadi sarana komunikasi melalui layanan email yang disediakan studentsite.



Kelemahan Studentsite:
  • Kesulitan pada saat register atau aktivasi.
  • Kurangnya penjelasan terlebih pada pengguna baru.
  • Masih terdapat bug pada tampilan website.
  • Sering terjadi kegagalan akses jika banyak user yang mengakses situs studentsite.



D. Unit Test Pada Sistem Studentsite Universitas Gunadarma
  •  Acceptance Test



        Sebelum sistem digunakan oleh user terlebih dahulu dilakukan proses acceptance testing. Universitas Gunadarma memiliki team yang menangani pengembangan dan permasalahan pada sistem studentsite Universitas Gunadarma yaitu team BAPSI. BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon