TUGAS SOFTSKILL : TEORI ORGANISASI UMUM 1


Organisasi Dan Pengalaman Berorganisasi
 
  •  Teori Organisasi

1.      Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah dan memiliki tujuan yang sama. Berikut ini merupakan pengertian organisasi menurut para ahli:
a.       Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
b.      Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c.       Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

2.      Organisasi Formal dan Informal
Organisasi formal, adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
Organisasi informal, adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan, belajar kelompok.

3.      Ciri-Ciri Organisasi
a.       Sebagai wadah untuk bekerja sama.
b.      Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
c.       Jelas tugas kedudukannya masing-masing.
d.      Ada tujuan tertentu.


  • Pengalaman Berorganisasi

            Pengalaman berorganisasi saya dimulai saat saya berada di bangku sekolah dasar. Pada saat saya kelas  4 SD saya mengikuti klub paduan suara, saya menjadi anggota dari klub tersebut. Klub ini didirikan jauh sebelum saya bersekolah di SD Negeri 12 Baruga Kuncup Pertiwi, tempat saya mengenyam pendidikan oleh yayasan yang juga menaungi sekolah saya.

            Selain itu saat SD saya juga mengikuti organisasi kesehatan sekolah dimana disini saya ikut berpartisipasi menjadi dokter cilik, dalam hal ini saya bersama dokter cilik lainnya berperan layaknya dokter yang menangani pasien-pasien yang datang ke UKS sekolah. Organisasi ini didirikan langsung oleh kepala sekolah mengingat pentingnya pelayanan kesehatan bagi siswa.

            Berlanjut ke masa SMP, pada masa ini saya mengikuti organisasi siswa yang bernama English Club, seperti namanya organisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan khususnya bahasa inggris. Dalam organisasi saya mendapatkan bimbingan dan pengalaman yang melatih kemampuan saya dalam menggunakan bahasa inggris. Pada saat itu organisasi ini dibimbing oleh dua guru bahasa inggris yaitu ibu Rosmawati, S.Pd. dan ibu Eny Lam, S.Pd. yang sekaligus merupakan pendiri dari klub ini.

            Kemudian pada masa SMA saya mengikuti 2 organisasi yang bernaung dibawah OSIS SMA Negeri 4 Kendari  yaitu FECC (Friendly English Conversation Club) dan Sase(Sanggar Seni). Pada saat itu FECC diketuai oleh Hikmawati Madjid dan wakilnya Nur Fadhilah. Ordibasis ini berdiri sejak tahun 2000 dan dinaungi oleh sekbid 10.1. Kegiatan yang dilakukan selama saya menjadi anggota dari ordibasis (organisasi dabawah OSIS) ini cukup beragam. Dari mulai bimbingan debat dalam bahasa inggris, bimbingan lomba cepat tepat, pengadaan lomba dalam lingkungan sekolah, hingga mendampingi para siswa peserta  pertukaran pelajar dari Australia. Menjadi pendamping bagi siswa pertukaran pelajar dari Australia ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan bagi saya. Hal ini dikarenakan kiita dapat langsung mengasah kemampuan berbahasa inggris kita secara aktif dan dapat memperkenalkan lebih banyak budaya Indonesia kepada mereka. 

Untuk Sase saat itu di ketuai oleh Irna Putriansyah bernaung dibawah sekbid 4.2 . Sase didirikan pada tahun 2004 dan bertujuan untuk menyalurkan bakat serta minat seni bagi siswa siswi SMA Negeri 4 Kendari. Kegiatan saya lakukan saat mengikuti organisasi ini yaitu antara lain latihan paduan suara, serta berpartisipasi dalam lomba dan kegiatan –kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah. Organisasi ini juga menyalurkan para siswa siswi berbakat untuk mengikuti ajang seleksi paduan suara Gita Bahana Nusantara.

Pengalaman berorganisasi sangat membantu saya dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat lebih mengenal hal-hal baru, mengisi kegiatan di waktu luang, serta dapat memperoleh banyak teman. Apalagi dengan mengikuti organisasi kita dapat merasakan arti dari kekompakan dan solidaritas untuk mencapai tujuan yang kita inginkan bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon