Belajar Bisnis Dari NoteIT!

Halo semuanya! Kali ini saya bakalan berbagi pengalaman mengenai salah satu pengalaman yang cukup berkesan bagi saya yaitu pengalaman balajar bisnis mulai dari 0 !

Nah ini semua diawali dari tugas kuliah. Waktu itu saya mengikuti matakuliah Aplikasi Bisnis Teknologi Informasi. Nah dosen saya ini memberi tugas atau lebih cocok disebut sebagai proyek kecil-kecilan. Proyeknya ini adalah membuat suatu bisnis yang berasal dari usaha kita sendiri!

Dibagilah kelas saya menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang. Kebetulan saya sekelompok dengan teman-teman saya yang jago dalam hal desain grafis. Melihat sumberdaya manusia dalam kelompok itu maka kami memutuskan untuk mengusung bisnis notes(buku catatan) dengan desain original berasal dari kami. Alhasil kami beri nama produk itu NoteIT!

Sedikit pengantar mengenai NoteIT!. NoteIT! Inc. merupakan suatu usaha yg bergerak dibidang media kreatif desain terapan yang memiliki produk berupa notes dengan ukuran yang mudah dibawa dan menggunakan pemanfaatan teknologi informasi serta menjadi notes dengan desain original, limited dan harga terjangkau. Dalam membangun NoteIT! Inc. ini kami terdiri dari 6 orang, yang membagi tugas dalam mengelola dimulai dari produksi yang mencakup pemilihan material notes, serta mendesain bentuk note yang akan dicetak, lalu ada marketing yang menentukan strategi penjualan, serta bagian finance yang membantu NoteIT! Inc. ini dalam pencatatan keuangan dalam usaha bisnis ini. Berikut ini merupakan logo dari usaha kami.

Dilambangkan pensil/alat tulis karena NOTE IT! sebagai wadah menampung ide, gagasan, unek-unek yang dituliskan dengan pensil tersebut, dan ada penekanan kata IT ! dimaksudkan adalah Technology karena orang-orang yang menjalankan bisnis ini latarbelakangnya bergerak dibidang technology.
Tema NOTE IT! mengusung warna orange, karena warna tersebut memiliki makna friendly(bersahabat) yang berarti NOTE IT ! ingin merangkul semua kalangan, untuk membiasakan menulis, karena dengan menulis kita lebih mampu mengingat apa yang kita dengarkan/pelajari.
Saya rasa cukup untuk pengantarnya. NoteIT! ini dibangun dengan modal sukarela dari tiap anggota yaitu sebesar Rp 300.000,00. Pada bulan april kami resmi memulai bisnis kami, pertama tama kami melakukan desain dan cetak sample note, hingga saat ini kami telah melakukan 6 kali produksi. 
Dalam menjalankan tugas ini kami membagi tugas tiap tiap anggota yang harus bertanggung jawab dengan tugasnya masing masing. Berikut ini merupakan contoh produk produk yang kami buat.






Lucu lucu kan ;), dalam bisnis ini saya berperan sebagai divisi marketing, tugas saya adalah untuk melakukan pemasaran dan bertanggung jawab atas lakunya produk ini. Nah dalam pemasarannya saya menggunakan metode langsung dan online. Untuk pemasaran online saya menggunakan instagram dan Line@. Terlebih lagi saat kami meluncurkan produk baru yaitu custom series. Sosial media sangat berperan dalam hal mempermudah komunikasi kami dengan pelanggan. untuk instagram silahkan kunjungi kami di https://www.instagram.com/noteit_id/.
Menjadi bagian marketing tentunya sangat memberikan pengalaman dan menantang bagi saya. Saya harus bisa meyakinkan customer untuk membeli produk ini, menetapkan strategi pemasaran, harus selalu siap dalam melayani pertanyaan customer selama 24 jam hingga menetapkan harga serta promosi yang akan dilakukan. Tentunya hal ini mengasah softskill saya, bisnis ini mengajari saya bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain, melatih kerjasama dengan tim, membuat saya harus berpikir lebih matang sebelum mengambil keputusan serta memperluas dan memperbanyak rekan serta partner saya.
Saya cukup terkesan dengan anggota kelompok saya. Mereka bertanggung jawab dan selalu mau membantu sehingga kekompakan tim kami selalu terjaga. Walaupun banyak perdebatan, serta hambatan yang kami hadapi, tapi itu semua berhasil kami lalui. Tak heran kami sangat senang saat pada akhirnya kami mendapatkan hasil yang memuaskan, kami tidak begitu peduli dengan keuntungan yang kami dapatkan, melainkan kami sangat bersyukur mendapatkan pengalaman yang jauh lebih berharga. 
NoteIT! Everything You Need 




0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon