Softskill : Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi

          Pemuda merupakan sebuah ikon yang diidentikan sebagai penerus yang mempunyai kelebihan seperti semangat, kekuatan, memiliki pemikiran yang maju. Akan tetapi pemuda memiliki kelemahan yang begitu fatal, yaitu emosional yang terkadang tidak dapat terkontrol.
Dalam hal seperti ini, memang sudah tidak aneh lagi disekitar kita. Hal seperti ini merupakan proses dari pendewasaan seorang pemuda itu sendiri. Proses seperti ini merupakan cara pemuda untuk bersosialisasi terhadap yang ada disekitarnya.

     Dalam menjalankan kehidupannya pemuda harus memiliki sosialisasi. Peranan pemuda didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Peranan dalam bersosialisasi harus memiliki edukatif, persatuan dan kesatuan bangsa. Media sosialisasi pemuda pasti tidak jauh dari lingkungannya, yaitu Orang tua, Keluarga, Sekolah atau Kampus, Masyarakat, Teman, Media Massa dll.

         Cara bersosialisasi pemuda mungkin dapat dilakukan dengan selalu membuat perubahan yang baru dilingkunganya, baik itu berupa kritik, saran dan bukti yang jelas. Selain itu lingkungan pun harus merespon sosialisai dari pemuda atau dapat disebut sebagai timbal balik (saling melengkapi).
Memang sebagian pemuda tidak dapat bersosialisi terhadap lingkungannya, yang dikarenakan tidak memiliki cara-cara dalam bersosialisasi. Ini adalah cara-cara dalam bersosialisai kepada lingkungannya, yaitu:
  • Memiliki ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi lingkungannya.
  • Harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkankan kemampuannya.
  • Bertingkah laku secara selaras dengan norma yang berlaku dilingkungannya.
       Cara bersosialisasi pemuda jaman sekarang memang lebih mudah ketimbang dulu. Pemuda sekarang lebih mudah bersosialisasi, karena ide-ide pemuda dituangakan dalam sebuah jejaring sosial dunia maya tetapi sosialisasi seperti ini tidak begitu efektif, mengapa? Karena pemuda hanya bersosialisasi terhadap temannya saja (1/4 dari lingkungannya). Kemudahan dalam bersosialisasi inilah yang membuka lebar jalan pemuda untuk berbuat hal yang melanggar norma dan aturan, hal ini menjadi masalah yang cukup serius saat ini. Namun untuk setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Tindakan penyimpangan itu dapat di perbaiki dan dihindari sedini mungkin dengan melakukan pencegahan.

Sumber : http://belajarkomputerdiinternet.wordpress.com/2012/12/02/pemuda-dan-sosialisasi/ 

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Story Blog Design by Ipietoon